Penyakit Paru-Paru

Penyakit Paru-Paru – Paru-paru merupakan organ yang penting yang merupakan salah satu organ vital manusia. Paru-paru adalah organ vital yang bertugas sebagai pertukaran oksigen yang sangat di butuhkan oleh manusia serta bertugas untuk mengeluarkan karbondioksida sisa dari proses pernapasan yang memang harus dan wajib dikeluarkan oleh tubuh, sehingga kebutuhan oksigen pada tubuh harus selalu terpenuhi.

Bagi manusia udara merupakan hal yang sangat penting, karena jika mereka tidak menghirup udara maka akan menyebabkan kematian. Paru-patu merupakan organ vital yang terletak di bawah tulang rusuk mempunyai tugas yang sangat berat, belum lagi dengan saat ini udara yang sudah tercemar serta berbagai bibit penyakit baru yang sudah bertebaran di udara, dan semua hal tersebutlah yang dapat menimbulkan berbagai penyakit paru-paru.

Penyakit Paru-Paru

Penyakit Paru-Paru

Gejala penyakit paru-paru yang biasa terjadi adalah penderita mengalami batuk-batuk, sakit yang terasa di daerah dada, sesak nafas, yang menandakan bahwa terjadi hal yang tidak beres dengan paru-paru. Maka hal yang harus anda lakukan segera adalah mendeteksi lebih cepat yang bertujuan untuk membantu anda agar penyakit paru-paru ini semakin lama tidak bertambah parah. untuk informasi lebih lanjut, kami akan menjelaskan beberapa jenis penyakit paru-paru yang biasa dialami oleh sebagian orang, seperti penyakit tuberculosis, Pneumonia atau Paru-paru basah, kanker paru-paru dan asma.

Jenis Penyakit Paru-Paru

Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru merupakan salah satu penyakit yang mematikan yang menjadi pembunuh utama dibandingkan dengan penyakit kanker lainnya. Kanker paru-paru adalah kanker atau sel tumor yang tumbuh di paru-paru, yang dapat tumbuh pada jaringan tersebut sehingga akan dapat cepat menyebar ke bagian lain. penyebab utamanya adalah kandungan beracun yang terdapat pada asap rokok yang telah terakumulasi selama puluhan tahun yang dapat menyebabkan mutasi pada sel saluran napas serta akan menyebabkan terjadinya sel kanker. Penyebab lain dari kanker ini adalah radiasi radio aktif, stress, bahan kimia beracun dan faktor keturunan.

Penyakit Paru-Paru Basah

Paru-paru basah merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri, jamur ataupun virus yang mengakibatkan terjadinya infeksi pada jaringan paru (parenkim). Yang pada umumnya di sebabkan oleh bakteri Mycoplasma Pneumoniae dan Streptokokus. Gejala paru-paru basan seperti penderita akan mengalami batuk berdahak yang kental dan berwarna kuning, sakit pada bagian dada, dan sesak nafas yang disertai dengan demam tinggi. Biasanya penyembuhan penyakit ini bisa di sembuhkan dengan meminum antibiotik.

Tuberkulosis

Penyakit tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosis, namun penyakit yang satu ini daat menular melalui percikan air liur ketika penderita sedang batuk. gejalanya seperti penderita mengalami batuk berdahak yang berlangsung selama 3 minggu, selain itu batuk dapat disertai  dengan darah. Selain penderita juga akan mengalami demam khususnya pada siang dan sore hari, dan akan berkeringat pada malam hari. Serta penderita akan mengalami penurunan nafsu makan pada akhirnya menyebabkan badan menjadi kurus.

Asma

Penyebab penyakit asma yakni penyempitan hanya sementara yang terjadi pada saluran pernapasan sehingga akan membuat si penderita mengalami sesak napas. Penyempitan tersebut terjadi pada pembuluh tenggorokan, dan penyakit ini sangat berperan penting dari faktor keturunan. Penyebab lain penyakit asma adalah penderita alergi terhadap sesuatu seperti perubahan suhu, gerak badan yang berlebihan, debu, kelembapan, atau karena ketegangan emosi yang dapat menyebabkan alergi sehingga pada selaput yang bertugas untuk melapisi pembuluh akan terjadi pembengkakan serta mengeluarkan lendir yang berlebihan sehingga hal tersebut menyebabkan pembuluh menjadi sempit dan membuat si penderita sulit bernapas.

Gejala asma adalah penderita akan mengalami sesak napas yang disertai dengan mengi. Pencegahan yang harus di lakukan adalah dengan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan alergi. Sedangkan untuk pengobatan, penderita dapat menggunakan obat pelega (bronchodilator) dengan cara dihirup. Sedangkan bagi penderita asma berat, anda dapat menggunakan obat pelega setiap hari hingga serangan asma tersebut dapat di kontrol secara baik.

Bronkitis

Bronkitis merupakan salah satu penyakit paru-paru yang disebabkan karena adanya peradangan pada bronkus. Biasanya disebabkan oleh infeksi kuman, virus atau bakteri. Penyebab lainnya adalah asap rokok, polusi udara dan debu. Gejala bronkitis adalah penderita akan mengalami batuk yang disertai dengan demam ataupun dahak yang berwarna kuning jika bronkitis yang disebabkan oleh infeksi kuman. Sedangkan jika bronkitis bersifat kronik, batuk berdahak yang disertai dengan sesak napas yang akan berlangsung selama beberapa bulan bahkan sampai beberapa tahun.

Pencegahan penyakit ini adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh penderita yang merupakan salah satu cara pencegahan yang dapat anda lakukan untuk terhindar dari penyakit tersebut dan menghentikan kebiasaan buruk yang biasa anda lakukan seperti merokok serta menghisap asap rokok agar tidak menjadi peroko pasif yang akan sangat membahayakan kesehatan anda. dan pengobatannya dengan meminum antibiotik sesuai anjuran dokter apabila di sebabkan oleh bakteri dan kuman. Jika disebabkan oleh virus, anda dapat menggunakan obat-obatan yang dapat meringankan gejalanya.


=====================================

>>> Buah Merah Untuk Penyakit Paru-paru, Membantu Mengobati Penyakit Paru-paru, Flek Paru-paru, Paru-paru Basah, Radang Paru-paru dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Paru Paru and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.