Cara Menjaga Kesehatan Paru Paru

Cara Menjaga Kesehatan Paru Paru – Penderita penyakit paru paru dianjurkan unuk lebih rajin merawat paru paru supaya awet dan dapat mempertahankan fungsinya. Berikut cara menjaga kesehatan paru paru :

 Cara Menjaga Kesehatan Paru Paru

Cara Menjaga Kesehatan Paru Paru

1. Pelajari cara bernapas yang benar

Konsultasikan dengan dokter atau ahli pernapasan mengenai cara bernapas yang benar dan efektif. Diskusikan pula bagaimana posisi dan teknik rileksasi yang dapat digunakan ketika napas Anda mulai sesak.

2. Banyak minum air putih

Pada pasien penyakit paru paru, lendir yang menggumpal di saluran pernapasan sulit dibersihkan dan dapat menyebabkan sesak napas. Untuk membesihkan paru paru dengan cara memperbanyak minum air putih.

3. Rutin olahraga

Mungkin agak sulit dilakukan oleh pasien penyakit paru paru namun olahraga rutin dapat meningkatkan ketahanan tubuh dan memperkuat otot pernapasan Anda. Jangan memilih yang berat, cukup senam atua joging.

4. Konsumsi makanan sehat

Makanan yang sehat dapat memperkuat daya tahan tubuh.

5. Hindari asap rokok dan polusi

Perokok pasif berisiko terkena penyakit paru paru sama besarnya dengan perokok aktif. Karena itu, berusahalah lebih keras untuk menghindari asap rokok.

6. Rutin check up

Jangan malas memeriksakan kesehatan ke dokter. Periksakan selalu kondisi badan anda dalam jangka waktu tertentu. Meski merasa sehat, tidak ada salahnya check up, terutama untuk memantau kesehatan paru-paru.

Penyakit Paru-Paru

Beberapa penyakit paru-paru yang banyak terjadi adalah :

  1. Penyakit pneumonia
    Penyakit pneumonia merupakan penyakit radang paru-paru. Peradangan yang terjadi pada gelembung udara mikroskopik paru-paru ini adalah alvelous dan juga pada saluran udara yang terkecil yakni adalah dibagian bronkiolus yang disebut dengan pneumonia.
  2. Kanker paru-paru
    Penyakit kanker paru-paru ini terjadi akibat dari sel tidak normal di dalam paru-paru. Salah satu penyebab dari penyakit kanker paru-paru adalah asap rokok. Asap rokok banyak mengandung racun, karena asap rokok merupakan salah satu penyebab dari penyakit kanker paru-paru.
  3. Bronkitis
    Penyakit bronkitis merupakan salah satu penyakit yang terjadi akibat peradangan dibagian bronkus atau saluran yang bisa membawa udara menuju ke arah paru-paru. Penyebab dari penyakit bronkitis ini sendiri adalah karena infeksi bakteri, kuman serta akibat virus. Penyebab yang lainnya adalah karena debu, asap rokok dan akibat polutan udara. Gejala yang muncul dari penyakit ini adalah batuk yang terjadi dengan demam serta batuk berdahak warna kuning jika disebabkan oleh infeksi kuman.
  4. Emfisema
    Penyebab dari terjadinya emfisema adalah karena keelastisan dari alvelous yang mulai menghilang. Alvelous sendiri adalah gelembung-gelembung yang terdapat di dalam paru-paru. Gejala yang muncul dari emfisema ini adalah sesak nafas yang terjadi dalam waktu lama dan tidak bisa teratasi dengan menggunakan obat yang digunakan oleh obat penyakit asma, obat nafsu makan menurun atau juga berat badan yang mengalami penurunan. Pencegahan yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan menghindari asap rokok yang merupakan salah satu langkah terbaik.
  5. Penyakit asma
    Penyakit asma disebabkan karena terjadinya penyempitan pada saluran pernapasan secara sementara yang bisa membuat penderita menjadi sulit untuk bernapas dengan baik. Penyempitan yan terjadi ini biasanya terjadi pada pembuluh tenggorokan. Selain itu, penyakit ini bisa terjadi akibat faktor genetik atau keturunan, terjadinya perubahan suhu, debu serta tingkat kelembapan, gerak badan yang berlebihan dan terjadinya ketegangan emosi. Penyakit paru-paru asma ini walau serangan sesak nafas bisa hilang degan sendirinya, namun untuk serangan yang berat jika tidak ditangani dengan langsung akan menimbulkan kematian.

Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Cara menjaga kesehatan paru-paru adalah salah satu bentuk yang bisa dilakukan dalam mencegah penyakit paru-paru. Menghindari penyebab dari penyakit paru-paru dengan menerapkan pola hidup yang sehat adalah sebagai salah satu bentuk awal dari menjaga kesehatan paru-paru.

Selain dengan cara-cara di atas dalam menjaga kesehata paru –paru. Asupan gizi juga penting bagi penderita penyakit paru-paru. Gizi juga penting sebagai penentu gejala, cacat dan prognosis dalam penyakit paru-paru. Kelebihan berat badan ataupun kurus bisa menjadi masalah. Gangguan keseimbangan elektrolit juga sering terjadi pada penyakit paru-paru karena berkurangnya fungsi muskulus respirasi sebagai akibat sekunder dari gangguan ventilasi.

Selain dengan cara menjaga kesehatan paru-paru. Penting adanya untuk menjaga asupan gizi dengan langkah-langkah cara menjaga kesehatan paru-paru berikut ini :

1. Jaga berat badan ideal

Kegemukan akan membuat jantung dan paru paru bekerja keras dan sulit bernapas. Berat badan berlebih juga memerlukan banyak oksigen. Untuk mencapai berat badam ideal, berolahraga teratur dan batasi asupan total kalori per hari. Yang harus diingat, konsumsi cukup kalori guna memproduksi energi secukupnya dann mencegah melemahnya otot-otot diafragma.

2. Minum air putih 6-8 gelas per hari

Kurangi kafein dari kopi, teh, cokelat, juga minuman bersoda. Kesemuanya dapat berinteraksi negatif dengan obat.

3. Konsumsi makanan sehat dan seimbang

Cukup serta dari sayuran, buah-buahan, gandum, kacang polong, serela dan lainnya.

4. Hindari makanan yang memproduksi banyak gas

Serprti minuman bersoda, makana gorengan berempah, melon, brokoli, kol, timun, jagung, lobak, bawang merah dan lainnya. Perut kembung membuat napas Anda tidak nyaman.

5. Konsumsi makanan banyak antioksidan

Asupan makanan yang mengandung antioksidan diharapkan akan memperbaiki sel tubuh yang rusak. Terutama sayuran dan buah-buahan yang merupakan sumber antioksidan yang baik.

 Cara Menjaga Kesehatan Paru Paru


=====================================

>>> Buah Merah Untuk Penyakit Paru-paru, Membantu Mengobati Penyakit Paru-paru, Flek Paru-paru, Paru-paru Basah, Radang Paru-paru dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Paru Paru and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>